INFO

CONSTRUCTION MATERIALS TESTING

Construction Materials Testing merupakan proses yang penting dalam bidang konstruksi. Pada proses perbaikan konstruksi dan pemeliharaan bangunan, kemampuan mendeteksi berbagai objek logam di bawah permukaan merupakaan hal yang sangat penting. Mengukur ketebalan lapisan pelindung beton dan deteksi area yang terdapat elemen rebar – merupakan prosedur wajib sebelum memulai perbaikan dan pengerjaan konstruksi. Untuk memecahkan masalah tersebut  Concrete Cover Meter Novotest Rebar Detector merupakan pilihan tepat. Rebar detector, merupakan salah satu perangkat uji NDT yang beroperasi dengan interaksi elektromagnetik.

 

Concrete Cover Meter NOVOTEST Rebar Detector, dapat mendeteksi lokasi objek metal di bawah permukaan dan di atas baris rebar dan mengukur lapisan pelindung beton. Selain itu, perangkat dapat memudahkan pengguna menentukan perkiraan diameter rebar dan menentukan posisinya di bawah lapisan pelindung beton, dan dapat memberikan gambaran tata letak struktur untuk pengujian lebih lanjut atau untuk mengembalikan dokumentasi penguatan yang hilang. Perangkat memiliki empat mode scanning, dilengkapi dengan display grafik, cahaya latar dan sensor suara.

Nilai lapisan pelindung beton berpengaruh signifikan terhadap ketahanan struktur beton. Lapisan pelindung beton melindungi rebar dari kelembapan, oksigen, cairan korosif, dan gas. Batang rebar yang terlapisi dengan tipis, atau terkena cacat di dalam, tentunya akan berkarat. Ketebalan lapisan pelindung beton, merupakan parameter yang sangat penting selama pembangunan atau pemeriksaan berbagai struktur beton.
img_2

Concrete cover meter membutuhkan semua persyaratan untuk akurasi dan fungsionaliti untuk perangkat pada kelas ini. Alat ini memiliki empat mode operasi :

1) Main mode – mengukur kedalaman rebar.

2) Scan mode.

3) Mode pencarian kedalaman.

4) Mode mengukur diameter rebar

Deteksi rebar dilakukan dengan scanning permukaan uji dengan sensor perangkat. Proses pencarian rebar ditampilkan pada indikator garis layar dan nilai jarak ke rebar. Untuk operasi yang mudah, instrumen memiliki pilihan indikasi suara. Ketika sensor mendekati elemen rebar, frekuensi sinyal suara meningkat.

Perangkat dapat mengidentifikasi diameter yang tidak diketahui menggunakan gasket dielektrik. Pengujian pertama dilakukan tanpa gasket, hasil direkam pada memori internal, kemudian pengujian kedua dilakukan dengan gasket dan unit menunjukkan diameter rebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *