INFO

HARDNESS TESTING

HARDNESS TESTING merupakan pengujian kekerasan suatu benda dengan berbagai metode. Metode yang populer digunakan dalam uji kekerasan adalah metode dynamic rebound (Leeb) dan ultrasonic contact impedance (UCI). Metode dynamic rebound disebut juga metode pantulan, dimana pengukuran kekerasan dinamik biasanya penumbuk dijatuhkan ke permukaan logam dan kekerasan dinyatakan oleh energi tumbuknya. Metode Ultrasonic Contact Impedance (UCI) menggunakan pegas untuk mengaplikasikan gaya ke induktor berlian Vickers. Batang “rod” beresonansi dan indentor berlian Vickers menembus sampel uji. Lekukan resultan menciptakan gaya jepit ke ujung indentor yang sebanding dengan ukurannya dan menyebabkan pergeseran frekuensi ke batang. Jumlah pergeseran frekuensi diukur dan terkait dengan ukuran lekukan Vickers. Hasil dikonversi menjadi skala kekerasan lain seperti Vickers, Rockwell dan Brinell.

Metode Leeb digunakan untuk menguji benda-benda yang solid, berstruktur kasar, baja, alumunium, logam campuran dan logam non ferrous lainnya, sedangkan metode UCI tepat digunakan untuk menguji benda berukuran kecil, berbentuk kompleks, berdinding tipis, serta permukaan yang keras.

Novotest hardness tester dapat digunakan pada fasilitas industri-industri besar terutama bagian permesinan, selama pembangunan konstruksi seperti jalan, jembatan, atau bangunan, pada perusahaan penghasil material, pada laboratorium baik di lembaga penelitian maupun di perusahaan, untuk menentukan kualitas bahan mentah dan peralatan kerja, dsb.

METODE LEEB ATAU UCI ?

Menentukan metode leeb atau UCI tergantung dari objek apa yang akan diuji. Pengguna alat harus mengetahui dua parameter uji, yaitu bobot dan ketebalan. Jika ingin menguji objek dengan bobot lebih dari 5 kg, dan ketebalan lebih dari 10 mm, maka menggunakan metode Leeb. Jika ingin menguji objek dengan bobot kurang dari 5 kg (lebih dari 100 g), dan ketebalan lebih dari 1 mm, maka menggunakan metode UCI. Metode UCI sangat tepat digunakan untuk menguji kekerasan benda-benda yang berukuran kecil, bertekstur, beralur seperti gear, bentuk silinder dsb.

MENENTUKAN TIPE HARDNESS TESTER ?

Menentukan tipe hardness tester, harus diketahui objek apa yang akan diuji. Terdapat empat skala pengukuran kekerasan yang populer digunakan yaitu skala brinell, shore, rockwell, dan vickers.  Skala brinell dan shore dipakai untuk mengukur kekerasan logam lunak, skala rockwell digunakan untuk mengukur kekerasan logam medium, sedangkan skala vickers digunakan untuk mengukur kekerasan logam keras. Novotest memproduksi hardness tester yang dapat menguji kekerasan dalam suatu skala maupun berbagai skala sesuai kebutuhan pengguna.

Novotest mendesain dua macam hardness tester, bench hardness tester dan portable hardness tester. Bench hardness tester berukuran besar dengan bobot lebih dari 50 kg. Desain ini tepat digunakan untuk pengujian skala workshop atau laboratorium. Portable hardness tester tepat digunakan untuk Anda yang ingin menguji kekerasan di lapangan, portable hardness tester didesain praktis, ringan, dan mudah digunakan.

Tipe hardness tester novotest terbagi menjadi tiga tipe. Tipe yang menggunakan metode Leeb saja seperti Alat Uji Kekerasan Leeb Novotest T-D2, UCI saja seperti Alat Uji Kekerasan Novotest T-U2, dan kombinasi keduanya seperti Alat Uji Kekerasan (Hardness) Material NOVOTEST T-UD3. Untuk mendapatkan kepraktisan dan keunggulan maksimal, maka Hardness Tester kombinasi sangat tepat digunakan.

MENENTUKAN MODEL HARDNESS TESTER ?

Menentukan model perangkat dapat ditinjau dari berat dan ukuran, ukuran display dan tombol, kemampuan-kemampuan teknis utama seperti terhubung dengan PC, menyimpan kalibrasi, menyimpan hasil ukur, dan kemampuan lainnya. Novotest memiliki dua jenis model perangkat model kedua dan ketiga. Model kedua portable hardness tester telah memiliki kemampuan teknis utama, seperti pengukuran dengan akurasi tinggi berdasarkan 4 skala, kemampuan mengkalibrasi dalam semua skala, memiliki memori internal, dapat terhubung ke PC, dan dapat dioperasikan pada berbagai kondisi suhu lingkungan. Model ketiga selain telah memiliki kemampuan teknis utama juga memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *