COATING TESTING, INFO

Viscosity Testing

Pengujian viskositas atau viscosity testing adalah suatu pengujian kekentalan cairan seperti minyak, cat, dan cairan lainnya. Nilai viskositas cat merupakan faktor penting. Sebagai contoh, jika menggunakan cat yang nilai viskositasnya lebih rendah dibanding nilai normal, maka menyebabkan menetes dan melorot pada lapisan, jika nilai viskositas lebih tinggi dari standar, lapisan akan memiliki cacat seperti kulit jeruk.

Pengujian viskositas dapat menggunakan Viscosity Flow Cup NOVOTEST VZ . Viscosity cup tersedia dalam dua model, pada tipod – Viscosity Flow Cup NOVOTEST VZ dan tipe submersible – Viscosity Dip Cup NOVOTEST VZ-P. Viscosity cup adalah sebuah reservoir yang berbentuk seperti corong dengan tiga nosel yang dapat diganti.

Prinsip operasi viskometer berdasarkan penentuan waktu pengeluaran cairan uji dalam volume tertentu melalui nozel. Untuk viskositas konvensional cat, membutuhkan watu tertentu (dalam detik) dari jumlah pasti cairan uji yang mengalir kontinu melalui nozel kalibrasi viskometer. Novotest menyediakan variasi jumlah dan ukuran nozel, yang digunakan untuk cairan yang berbeda atau menurut standar yang berbeda.

Untuk pengukuran viskositas juga dapat menggunakan Viscosity Dip Mug NOVOTEST VMS. Viscosity Dip Mug digunakan untuk menentukan viskositas konvensional dispersi kasar polyvinyl-acetate homopolymers.

2 thoughts on “Viscosity Testing

  1. rohmat says:

    maaf saya mau melakukan test viscositas. kira kira biayanya berapa/ dan sampelnya harus dibuat seperti apa yah??? mohon balasannya segera

    1. Dian says:

      untuk biaya silahkan menghubungi kontak telepon marketing kami di (0281) 6572222
      sampelnya mengikuti kemampuan dari masing-masing kemampuan alat, untuk viskositas umumnya sampel merupakan zat cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *